Selasa, 23 Desember 2008

Psikologi Hewan

hewan mempunyai insting, tdk punya perasaan...

mnrt saya insting hewan bisa dilatih oleh pemeliharanya,

sehingga instingnya jadi berkembang dan terlihat oleh kita

seperti punya perasaan padahal sih tetap insting saja

Menurut Arifin, babi atau tikus merupakan contoh hewan yang paling komunikatif

dan mudah dipahami. Babi identik dengan kebiasaan malas,

sedangkan tikus melambangkan koruptor dan pencuri.

Keduanya sangat efektif untuk menyampaikan cermin yang satir kepada manusia.

LONDON - Sebuah survei di Austria mengungkap bahwa anjing merupakan hewan yang memiliki rasa cemburu tinggi. Untuk menunjukkan rasa cemburu, anjing akan melakukan tindakan yang tidak biasa.

Ahli psikologi hewan dari Universitas Vienna Friederike Range seperti dikutip Reuters, dengan mendongkol dan tidak menurut jika diminta menggoyangkan tangannya, ini menunjukkan anjing itu cemburu. Biasanya rasa cemburu itu timbul, jika sang majikan sedang bercanda dengan anjing lainnya atau memberi hadiah yang tak setimpal satu dengan lainnya.

"Anjing termasuk salah satu hewan yang memiliki perasaan emosi yang kompleks dari hewan lainnya," kata Range.

Hasil studi yang dipublikasikan Proceedings of the National Academy of Sciences ini mengungkap, anjing akan menjilat-jilat tubuh, melukai diri, dan bertingkah seperti stress, jika mendapat hadiah yang juga diberikan kepada anjing lain oleh majikannya.

Dalam penelitian, Range menguji dua anjing yang duduk saling berdekatan. Kemudian peneliti memberikan hadiah yang tidak sama ukurannya pada salah satu anjing. Anjing yang menerima hadiah lebih kecil, menjilat tubuhnya, menguap sebesar-besarnya, melukai dirinya, dan menunjukkan tingkah aneh. Mereka juga menolak melakukan sesuatu seperti yang diperintahkan peneliti.

Studi juga mengungkap hal yang sama pada monyet jika temannya menerima hadiah yang lebih baik dari miliknya. Berbeda dengan anjing, monyet lebih agresif dalam menunjukkan rasa cemburunya, yaitu dengan menyerang.

(ton)

Psikologi Hewan klik :
forum psikologi hewan

Tidak ada komentar: